Day 12: hidup sehat versi saya

Tema challenge kali ini menarik deh. Tentang hidup sehat versi saya. Agak berat buat nulisnya, karena saya melakukan daftar di bawah ini pun gak rutin. Katanya, sehat itu mahal. Memang! Makanya diri kita endiri yang arus berperan aktif supaya sehat. Googling dengan keyword di atas, akan banyak bermunculan artikel-artikel menarik tentang hidup sehat. Beberapa tips dalam artikel tersebut bisa di aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Saya punya versi sendiri? Pasti dong. Berhubung aktivitas saya adalah working mom yang bekerja shifting, ini ada sedikit saya jabarkan beberapa tips hidup sehat versi saya.

1. Gak ada waktu buat olahraga? Stretching aja.

Di banyak artikel, olahraga jadi salah satu poin utama buat hidup sehat ya. Trus gimana kalo sibuk banget? Trik saya aih, kalaupun gak bisa olahraga yang komplit ya saya streching aja. Di tempat saya bekerja ada kebiasaan melakukan gerak ringan sebelum kerja. Macem streching gitu. Supaya tubuh gak kaku juga peredaran darah lancar.

2. Minum yang herbal

Pekerjaan saya terbagi menjadi 2 shift. Nah pas kebagian shift malam, resiko pasti ada dong. Tahu sendiri kan jahatnya angin malam kayak gimana. Untuk menjaga agar tubuh tetap fit Saya biasanya minum juga yang herbal-herbal.
‌Susu jahe hangat untuk menghangatkan tubuh saya saat menjalani night shift, karena saya lumayan gampang masuk angin hehehehe
‌Jamu si mbakyu, pulang pagi, badan pegel, ngantuk berat saya minum jamu si mbakyu kalau kebetulan lewat. Kunyit asam atau kencur jadi pilihan. Supaya pegal-pegal berkurang sih.

‌Madu jadi pilihan saya juga untuk menjaga daya tahan tubuh. Madu ini saya minum seminggu sekali atau malah dua minggu sekali.

3. Banyak Minum air putih

Air putih tetap jadi kewajiban nomor satu. Di mindset saya, air putih supaya darah gak mengental, aliran darah dan oksigen ke otak juga lancar. Karena saya juga peminum kopi, standar saya itu minum air putih 2x lebih banyak jika saya sudah minum kopi.

4. Kenali tanda “akan sakit”

Saya tuh tipe yang gampang flu dan masuk angin. Karena sudah biasa jadi saya hafal betul tanda-tanda saya akan drop. Maka, solusinya seperti no. 2 & 3, selain itu saya menghindari sekali kipas angin.

5. Sedia suplemen

Suplemen kesehatan salah satu penunjang saya untuk hidup sehat. Saya menyediakan suplemen vitamin C untuk jaga-jaga. Memang gak tiap hari sih, karena suplemen juga menurut saya gak bagus kalau tiap hari. Minum pada saat di butuhkan saja.

Well..saya tahu tiap orang berbeda tips & triknya dalam menjaga kesehatan saya. Tips saya pun pasti akan menuai pro dan kontra, tapi selama menurut saya itu bagus, kenapa nggak?

Kalau ibu-ibu lainnya ada tips lain? Sharing yuk..