Baby Spa, bermanfaat atau sekedar gaya?

Kemarin Baby Ale melakukan spa untuk pertama kali.  ibuk pun obral-obrol dengan terapisnya sembari mempersiapkan Ale untuk baby swim. Ternyata banyak hal yang baru ibuk ketahui soal Do & Don’t’s mengenai baby spa ini lho.

Iya. Tadinya ibuk pikir ya udah sih, sama halnya klo ibuk mau spa di salon, tinggal bawa badan truz moodnya naik drastis deh. Kalau anak-anak ternyat banyak pertimbangannya juga lho.

Kolam besar sudah siap, airnya terisi penuh hmmm kira-kira setengah meter lah. Bola-bola aneka warna ikut bergerak mengikuti iram. Ale pun di pakaikan neck ring atau pelampung berbahan plastik pada bagian leher. Mbak terapis kemudian mengangkat Ale lalu menurunkannya pelan-pelan ke dalam kolam. Ale di ayun sebentar sampai ia bisa menyesuaikan diri. Ketika tubuhnya sudah bisa beradaptasi, Ale mulai menikmati. Kakinya bergerak lincah mengikuti air. Tangannya berusaha menggapai bola berwarna-warni di sekelilingnya. Rona bahagia terlihat di wajah Ale. Ibuk yang berdiri di sampingnya, sejak tadi ketar-ketir, langsung berubah ceria melihat Ale begitu menikmati acara main airnya.

Baby spa ternyata ga cuma nyemplung manja doang buk-ibuk. Juga ga sekedar buat ngisi instastory *uppssss*  hehehehe. Baby spa juga memiliki manfaat.

Dokumen pribadi

Apa sih Baby Spa itu?

Dilansir dari bidanku.com Spa adalah terapi yang di lakukan dengan air sebagai medianya, dengan cara mandi atau berendam. Rangkaian Baby spa pada umumnya mencakup berenang dan juga pijat bayi. Pada terapi air atau berenang bayi bebas melakukan gerakan tungkai dan lengan, menyerupai sebuah gerakan ketika bayi berada dalam kandungan.

Menurut penelitan saat bayi melakukan terapi air, gelombang air akan menstimulasi bayi dalam melatih keseimbangan. Bayi yang berenang juga cenderung lebih tenang dan rileks.

Beberapa manfaat dari Baby spa

Baby Spa memiliki banyak manfaat lho bukibuk. Selain bisa mengisi feed instgram ibuk-ibuk kece dengan kelincahan si kecil, Baby spa juga memiliki banyak manfaat buat tumbuh kembang bayi. Yup. SI kecil harus banyak di latih untuk sensorik dan motoriknya, salah satunya dengan kegiatan Baby spa ini. Lalu apa saja sih manfaat Baby spa ini?

1.Gerakan alami bayi pada saat berenang akan melancarkan peredaran darah dan membuat anak lebih ceria.

  1. Memperbaiki system pernafasan pada bayi dan juga mendorong perkembangan bayi melalui stimulasi sensorik
  2. Bayi akan aktif bergerak dan lebih percaya diri, karena ia tidak akan takut dalam melakukan gerakan seperti merangkak dan berjalan. Bukibuk pastinya bakal lebih gampang mengajari dan melatih anak untuk belajar berjalan.
  3. Bayi akan cepat tanggap, berani, lebih mandiri dan tidak mudah rewel

5.Pijat pada bayi akan menghasilkan kualitas tidur yang lebih baik. Otak pyun berkembang dengan baik pada saat bayi tidur.

  1. Bayi akan merasa rileks karena pijatan pada tubuh bayi akan melepaskan hormone oksitosin dan endorphin.
  2. Stimulasi dari pijat bayi dapat meningkatkan berat badan

8.Pijat bayi dengan menggunakan minyak bisa meningkatkan kesehatan kulit. Kulit bayi bisa menjadi lebih lembab dan menstabilkan suhu panas pada bayi

  1. Memperlancar komunikasi antara ibu dan bayi dan meningkatkan hubungan emosional keduanya.

Tuh kan banyak banget manfaatnya ya bukibu. Jadi buat ibuk yang nyinyirin dan bilang baby spa gak ada manfaatnya, cuma buat gegayaan dan ikut-ikutan mungkin harus banget baca artikel, yes.

Dari mbak terapis kemarin, ibuk juga di kasih tip Do & Dont’s kalau mau membawa si kecil untuk baby spa. Iya dong, jangan sampai agenda yang tadinya akan jadi ajang rekreasi buat dia malah gagal karena rewel. Apa aja sih tipsnya buk?

  1. Sebelum baby spa si kecil harus dalam keadaan kenyang perut dan kenyang tidur. Jika lapar dan mengantuk si kecil malah akan rewel dan tidak menikmati spa.
  2. Berat badan si kecil juga perlu di perhatikan ya buk-ibuk, mba terapis bilang untuk baby spa berat badan bayi harus diatas 5kg dan juga si kecil sudah bisa menegakkan kepalanya.
  3. Jangan melakukan baby spa usai imunisasi. Berilah jeda waktu sekitar 2-3 hari setelah imunisasi, begitu kata mbak terapisnya.
  4. Pilih baby spa terbaik yang memiliki system penyaringan air kolam, bahan kimia yang di gunakan dan metode lainnya. Karena tubuh bayi masih belum kebal dari virus, bakteri, kuman dan lainnya.

 

Nah itulah sekelumit cerita Ale soal Baby spa kemarin. Ibuk-ibuk pastinya menginginkan yang terbaik dong buat si kecil. Saya pun demikian. Karena di masa ini, si kecil sedang mengembangkan motoriknya, yuk kasih dia pengalaman-pengalam baik yang bisa memaksimalkan tumbuh kembangnya.

Salam,

Ibuk Kece!