Kenapa bernama Alden?

Memilih nama merupakan salah satu dari kegiatan di masa kehamilan yang mengasyikan (selain berbelanja keperluan baby, tentunya!) semua perempuan pasti punya cita-cita mau ngasih nama unik untuk anaknya kelak. Jangan salah, tuh cewek-cewek waktu SMA pasti pernah bikin coret-coretan di kertas soal nama impian buat anaknya kaaaaaan. Mulai dari nama ala-ala wayang sampai nama yang rada ke-bule-bule-an hehehe. Mulai dari nama singkatan berdua pacar, sampai pakai nama belakang gebetan. Yeeee Ngarep!

Di kehamilan ke lima, saya dan suamik mulai mencari-cari nama buat jabang baby. Udah pede dong ahh kalau si baby jenis kelaminnya cowok. Kami berdua pada dasarnya memang susah move on. Zaman now begini masih juga suka sama hal-hal berbau sejarah masa lalu, termasuk urusan nama.

Iyep. Saya dan suamik memutuskan kalau nama si baby kelak mestilah berbau-bau sansekerta. Walaupun suamik rada-rada diam-diam melenceng dari perjanjian dan memilih satu kata dari bahasa lain….(tepatnya saya sih lupa)

Untuk mewujudkan urusan nama tersebut, kitab yang kami buka pertama kali adalah GOOGLE! Iyalah, disitulah semua pertanyaan memiliki jawabannya. Kosong adalah isi, isi adalah kosong, begitu kira-kira meniru Biksu Tong Sam Cong.

Memilih dari ratusan nama sansekerta cukup melelahkan mata rupanya. Ada yang unik, catet. Ada yang simple, catet. Ada yang artinya bagus, catet. Pas di gabungin, berantakan! Malah cenderung ga nyambung. Setelah berkutat dengan bermacam nama, akhirnya kami menemui nama yang di rasa pas pas passss.

 

Alden

Nama ini di temukan suami saat mencari nama bayi dengan bahasa Inggris yang artinya ‘teman  yang Bijaksana’. Nama ini di pilih pasti dengan harapan yang besar  dong ya. Iya. Kami berdua berharap kelak jika ia sudah mengerti arti hidup, ia bisa menjadi sosok yang bisa bersikap bijaksana dalam mengatasi segala hal. Menjadi bijak itu semacam keharusan di jaman now, apalagi di jamannya Ale besar nanti.

Narendra

Nah kalau ini jelas pilihan emaknya. Setelah memilih dan memilah antara Rayendra & Narendra dengan arti yang sama, akhirnya saya memilih Narendra. Memiliki arti ‘Lelaki’ hmmm jelas untuk menunjukkan gendernya yah hehehehe. Well..PM India saat ini bernama Narendra Modi, yah harapannya sih semoga Ale nanti bisa memiliki cita-cita yang gemilang, memimpin rakyat, dan lakik banget. Ihiiirrrr…

Aryasatya

Di kamus google, Aryasatya artinya ‘Kemuliaan’ atau ‘Mulia’. Ehmm…sebut saja, ibunya suka sama artis Abimana Aryasatya hehehehe. Harapan saya sebagai ibu sih Ale di beri nama ini agar hidupnya penuh kemuliaan. Tak melulu soal materi tapi juga tindak-tanduknya nanti. Mengharumkan nama orang tua, agama dan bangsa.

 

Lalu kenapa di panggil Ale?

Itu biar lebih gampangnya aja sih menurut saya. Bisa jadi juga singkatan nama ayah dan ibuknya hehehe. Beberapa teman mengaitkan dengan aktor Ari Sihasale. Syukuuur alhamdulilah, kalau gantengnya nanti kayak Ari Siha. Teman yang lain juga mengaitkan nama panggilan ini dengan tokoh di salah satu novelnya Ika Natassa, Ale Risjad. Ummm…jujur aja sih belum pernah baca novelnya tuh. Hihihihi. Jadi nama panggilan ini ya muncul begitu saja. Yang pasti sih semua orangtua saat memberikan nama untuk anaknya bukan sekedar bagus, unik dan mudah, tetapi juga di sertai dengan doa-doa dan harapan yang baik.

 

Komentar teraneh yang pernah di dengar setelah menyebut nama ini?

“ini mah nama bayinya ngabisin kolom, panjang banget sih buk.” — ibu A dari posyandu —