Perlengkapan Yang Harus Di Siapkan Saat Persalinan

Masuk ke minggu 37, yeeeeeaaaay!

Masuk di minggu-minggu rawan brojol ini jadi kesenangan sekaligus kecemasan tersendiri buat saya. Belanja keperluan baby 80% udah, review harga persalinan  di beberapa RS termasuk biaya daruratnya pun sudah  di perhitungkan, persiapan fisik masih di jalankan nah sekarang masuk ke bagian persiapan-persiapan. Yoi secara saya sudah berada di minggu rawan brojol artinya  kapan pun bisa aja melahirkan yeeee kaaan.

Nah daripada saya nanti saya dan orang rumah panik jadi ada baiknya juga sih mempersiapkan keperluan saat persalinan nanti jadi pas nanti saya udah mules-mules tinggal angkut aja itu gembolan hehehehehe. Persiapannya sendiri saya bagi menjadi dua tas, keperluan ibu dan keperluan baby. Karena saya berencana lahir normal so pasti barang-barang yang di bawa gak perlu sampai selemari, cukup buat tiga hari aja.

Nah ini dia perlengkapan persalinan ala saya :

  1. Keperluan Ibu

a. Baju Ganti & Baju pulang

Baju ganti secukupnya dan memiliki kancing bagian depan supaya saat menyusui mudah di buka, daster atau blus bisa jadi pilihan secara kan ya abis lahiran normal pasti masih berasa nyut-nyut kalau langsung pakai legging –ya eyalaaaahhh!—  😀 Baju untuk pulang pun di persiapkan supaya pas kita kembali ke rumah bisa tampil lebih rapih dan kece. Buat yang berhijab jangan lupa di selipin kerudung bergo maupun ciputnya, mau pakai pashmina atau segi empat boleh-boleh aja sih, tapi buata saya itu ga jadi pilihan, ribet cyyynnnn…tusuk-tusuk jarum pentulnya 😛

b. Underwear

Nah ini penting dan urgent, underwear yang disiapkan versi saya sih celana dalam, bra menyusui plus pembalut maternity. Pilihlah bra menyusui supaya baby lebih mudah menyusui nanti, simpen dulu deh bra veronica secretnya karena percuma gak bakal kepake juga. Untuk pembalut Maternity ada baiknya sih kita siapkan sendiri ya jaga-jaga di rumah sakit kehabisan stok.

c. Perlengkapan Mandi

Handuk, pembersih wajah, sikat gigi, sabun cair adalah hal mutlak yang harus di persiapkan ke dalam perlengkapan mandi. Gak mungkin dong ya pinjam meminjam ke orang lain terlebih jika RS memang gak menyediakan amenities kayak begini.

d. Gurita ibu atau korset

e. Kain Jarik

f. Beauty Case, tisu basah

g. Baju ganti ayah

h. Cemilan ibu,

ini sengaja saya masukin ke daftar karena untuk melahirkan butuh tenaga dong ya jangan sampe lemes, bawa camilan adalah pilihan tepat menurut saya

i. Benda kesayangan

Beberapa ibu yang saya kenal membawa benda kesayangannya untuk menemani saat lahiran semata agar psikis si ibu menjadi rileks semisal Mp3 untuk mendengarkan musik atau boneka. Saya sengaja memasukan bantal kesayangan, soalnya bikin nyenyak tidur hihihihi.

 

 

2. Keperluan Baby

Sebelum menyiapkan keperluan baby ada baiknya mencari tahu terlebih dahulu apakah RS tempat bersalin menyediakn baju ganti atau tidak, karena beberapa RS yang saya tahu tidak menyediakan baju salin untuk baby. Gak ada salahnya juga sih mempersiapkan keperluan baby secukupnya :

a. Baju salin baby 2 stel (atasan & bawahan)

b. Sarung tangan & kaki

c. Baju pulang 1 stel

d. Kain bedong

e. Diapers

f. Selimut untuk pulang

g. Botol susu

h. Gendongan bayi

 

3. Keperluan Administrasi

Keperluan administrasi biasanya di urus oleh ayah atau anggota keluarga yang lain entah itu mengurus pembayaran, asuransi, surat keterangan lahir dan lainnya. Namun ada baiknya juga kita mempersiapkan keperluan administrasi agar tak perlu susah payah mencari-cari saat di  butuhkan.

a. Copy KTP ayah & ibu

b. Copy KK

c. Kartu asuransi atau Surat Jaminan pembiayaan jika biaya persalinan di cover oleh perusahaan

d. Data pendukung kesehatan

Dalam hal ini yang saya persiapkan sih resume medis terkahir saya di rawat, karena saya punya riwayat alergi antibiotik jadi gak ada salahnya sih saya persiapan, siapa tahu bisa jadi informasi untuk perawat yang menangani saya nanti.