Hypnobirthing Class (Part 1)

Semenjak mengetahui kalau sedang berbadan dua saya memang bertekad untuk mengikuti segala kegiatan mengenai persalinan, entah itu berupa seminar, senam, yoga ataupun sekedar klub chit chat calon ibu (lho!). Kenapa sih, well karena persalinan di mindset saya adalah sebuah proses perjuangan antara hidup dan mati serta membutuhkan mental yang kuat, belum lagi cerita-cerita menakutkan yang masuk dari teman-teman senior. Jujur, semuanya bikin saya takut-takut gimana gitu.

Kemudiian semesta menjawab keinginan saya hihihi..sosmed membawa saya pada seuah akun selebritis yang kemudian (seperti sosmed freak lainnya) saya telusuri link yang berkaitan..taraaaaa! sampailah saya di akun hypnobirthing ^___^. Setelah cakap-cakap dengan suami dan cari info mengenai kelas ini akhirnya saya pun segera mendaftar tanpa pikir panjang.

HypnoBirthing berasal dari kata :

Hypnosis  : Pemberdayaan energi jiwa bawah sadar dengan tujuan untuk memprogram ulang rekaman negatif yang sudah terpatri di jiwa bawah sadar.

Birthing : Proses persalinan

 

Teknik dasar hypnobirthing sendiri adalah :

  1. Relaksaasi, Afirmasi, Visualisasi
  2. Komunikasi dengan janin
  3. Pendalaman
  4. Anchoring / pemantapan niat

 

Bertempat di RSU Bunda menteng, saya bersama pasangan lain dengan peralatan segambreng (sebelumnya memang sudah di beri tahu soal perlengkapan yang harus di bawa tiap pasangan seperti matras yoga, bantal, kain jarik dsb ). Menyenangkan lihat pasangan lain begitu kompak dan sama-sama membawa misi saat mengikuti kegiatan ini

Kegiatan di mulai pada pukul sembilan dengan perkenalan dari founder Hypnobirthing Indonesia. Kami juga di berikan modul  mengenai materi dasar Hypnobirthing ini. Banyak kegiatan sejak pagi hingga sore yang membutuhkan kekompakan pasangan, seperti misalnya saat dimulai teknik afirmasi dimana tiap pasangan diminta untuk saling bertatap satu sama lain dan mengungkapkan apa yang menjadi kegelisahan, harapan  masing-masing kemudian dia khiri dengan berpelukan.

Materi yang disampaikan pun cukup menarik dengan menggunakan beberapa media seperti slide show, video, boneka, maupun gym ball untuk mempelajari teknik relaksaasi saat menghadapi kontraksi — yang katanya sakiiiiit banget—. Seperti yang saya bilang diatas mengikuti cara ini lebih afdol kalau datang bersama pasangan, karena disini kita banyak berlatih bersama pasangan mulai dari saling menghipnosis dengan media pendulum dan berkomunikasi dengan janin dengan masing-masing di letakkan di atas perut ibu, latihan yoga bersama dimana ibu melakukan gerakan yoga di bantu dukungan suami, standing relaxation yaitu dimana ibu dalam posisi rileks memeluk suami dan berat gravitasi sutuhnya pindah ke bahu suami, Labor dance ketika istri sedang mengalami kontraksi teknik ini bisa di gunakan untuk meringankan dan terakhir Quantum touch pregnancy dimana suami menyentuh pasangan dan memberikan afirmasi positif agar bisa menjalani kehamilan dan memperisapkan persalinan dengan nyaman dan rileks.

Saking menghayatinya berberapa peserta ada yang sampai nangis loh saat berkomunikasi dengan janin (saya juga sih…heheheheh). Acara ini menurut saya sepenuhnya menguatkan hubungan antara pasangan suami istri dan janin mereka kelak. Suami harus ikut aktif dan mau tahu soal proses persalinan ini supaya tercipta hubungan yang harmonis dan penuh dukungan satu sama lain…cailaaahhh.. 😀

Pada dasarnya melahirkan adalah proses alamiah setiap perempuan,  bayangin jaman dulu dimana teknologi belum secanggih sekarang, pengetahuan masih terbatas dan yang di andalkan adalah insting dan naluri alamiah saja, toh mereka berproses dan percaya pada kemampuan diri sendiri.

 

 

Seharian mengikuti kelas ini pun gak akan terasa loh, dengan materi yang berbobot dan pembawa acara yang mumpuni rasanya gak nyesel deh kalaupun harus investasi sekian rupiah.  Banyak hal yang bisa kita dapatkan disini dan juga kita bisa latih lag di rumah.  Jangan lupa di akhir sesi ada sharing pengalaman dan harapan mengenai kegiatan ini. Seru deh, pengalaman dapet, ilmu juga dapet apalgi goodie bag yang isinya lengkap banget selain materi ada juga oleh-oleh berupa buku tentang hypnobirthing, pendulum buat latihan hypnosis di rumah, Esensial Oil…wuihhh banyak deh.

Beberapa manfaat dari hypnobirthing antara lain :

1.meningkatkan ketengangan diri yang bermanfaat untuk kesehatan sel-sel pada tubuh ibu

2.Mnegurangi rasa mual, muntha, pusing dll

3.Mencegah depresi pasca melahirkan

4. Mengajarkan relaksasi sehingga mengurangi stres dan mengatasi ketakutan, kecemasan selama hamil dan saat menhdapai persalinan.

Ohya, di kelas ini juga di ajari berbagai teknik saat menghadapi kontraksi, kan seperti yang pernah saya dengerin kontraksi katanya begini begitu, sakit disini sakit disitu, deuuuhhh berjuta deh rasanya. Beruntunglah di kelas ini juga diajari cara relaksasi saat kontraksi seperti berdansa ringan (labor dance) bersama suami, melakukan pose hands and knees, bergoyang diatas gym ball, squatting ataupun kegel exercise.

 

fiuuuhhhh..banyak deh kalau mau di ceritain mah di weekend class itu. Seru, penuh haru tapi juga biru rasanya. Iya dong, menyambut si baby perlu pemberdayaan dari diri kita sendiri kan. Y

 

(sumber : Modul Hypnpobrithing Indonesia)