Aktif dengan Afirmasi Positif

Semenjak cuti hamil yang sudah berjalan hampir dua minggu ini kerjaan saya cuma jadi ratu di rumah. Iyalah, secara yang saya kerjain dari bangun tidur adalah bangun – olahraga  (jalan kaki, prenatal yoga, stretching) – Makan – Hangout – Belanja – Repeati. Hehehehehe. Gak gitu juga sih, pekerjaan rumah alias ngebabu  tetep di kerjain tapi yang ringan-ringan aja, secara nyokap orangnya kuatiran jadi gak boleh capeklah, takut keplesetlah, apalah dengan kondisi hamil besar begini.

Tapi e tapi hamil itu bukan alesan buat jadi males loh yah. Walaupun gak ngerjain kerjaan yang berat-berat gak menjadikan hal itu alasan kuat untuk jadi pemalas. Saya masih punya PR buat diri saya sendiri untuk menghadapi persalinan nanti. PRnya sih cuma dua, persiapan  fisik dan mental. Di dua hal tersebutlah saya berupaya untuk fokus, apa aja sih nyeuu?

Persiapan fisik saya sih simpel bagaimana caranya supaya saya bisa lahiran dengan normal. Yep. Dokter kandungan saya pro normal banget, doi bilang saya kuat saya bisa normal. Semacam cambukan juga sih yah, makanya di UK ke 36 saya bener-bener persiapan fisik  kayak rutin olah raga setiap pagi, squat jump untuk menguatkan pelvis, jalan kaki, banyak minum air putih, latihan nafas, ikut senam hamil dan diet karbo. Kok diet, iya kata si pak dokter kalau mau lahiran normal berat babynya jangan terlalu besar jadi sejak UK 36 saya mulai jaga asupan makanan mengurangi karbo dan gula tapi tetap bergizi buat saya dan baby gitu. Belum lagi saya punya riwayat tensi rendah dan terakhir cek lab HB saya di bawah normal jadi nambah deh PR saya supaya semuanya bisa terpenuhi.

Nah kalau untuk persiapan mentalnya gimana? bergabunglah dengan grup positif supaya mendapatkan afirmasi positif. Ketimbang selonjoran di rumah sambil buka akun gosip yang gak ada habisnya mending bacain chat grup pregnancy atau grup gentle birth kan. Beneran loh, disitu gak cuma rumpi-rumpi cantik tapi sekaligus menyerap ilmu sembari mengirimkan dukungan positif satu sama lain. Seminggu sekali adminnya akan membawakan tema berbeda soal persalinan dari yang sederhana sampai yang kompleks lalu berdiskusi dengan anggota. Seru kok, apalagi membaca birth story para anggota yang baru aja sukses melahirkan normal, caesar ataupun VBAC membuat ketakutan-ketakutan yang ada dalam mindset kita terkikis habis.

Sebulan ini sedang ada kegiatan 21 days challenge dari para admin. Setiap hari temanya berbeda dan para anggota di persilahkan membuat kata-kata sekreatif mungkin dengan bermacam media. Isinya pun gak jauh dari penggalian emosi terhadap diri sendiri lalu di tuangkan dalam bentuk afirmasi. Kegiatan yang kayak gini nih bermanfaat banget menurut saya supaya tetap optimis. Iyalah, yang melahirkan ada kita, tubuh kita sendiri yang melakukannya jadi harus di beri asupan yang  positif . Kalau saya sih hikmahnya, supaya cerita-cerita buruk dari orang lain tentang persalinan bisa di filter.

Afirmasi positif selain untuk diri sendiri juga bisa untuk si baby lho. Ajak ngobrol si baby sebelum tidur jadi ritual wajib saya. Hal ini bisa menguatkan ikatan antara ibu dan babynya. Dalam proses kelahiran nanti di harapkan sih ibu dan baby bisa bekerja sama supaya berjalan dengan lancar dan mudah, makanya hal penting yang saya jadiin bahan obrolan dengan si baby sebelum tidur adalah minta tolong supaya nanti di bantuin usahanya saat lahiran nanti diselingi cerita soal kegiatan seharian ini.

dok.pri

dok.pri

Nah..jadi banyak cara kok supaya kita gak diem aja alias leyeh-leyeh di rumah. Isi masa cuti hamilmu dengan kegiatan yang bermanfaat, karena selain ada hasilnya juga memberikan pengalaman yang indah usai melahirkan nanti.

 

–Love—-