Serunya ngintip si bayi lewat USG 4D

USG atau Ultra Sono Grafi nampaknya kini sudah menjadi pemeriksaan yang sepaket saat bumil berkunjung ke dokter kandungan. Cara ini memang ampuh utuk mengetahui kondisi janin di dalam kandungan dan  mengupayakan tindakan lanjutan bila terjadi sesuatu  di dalam sana, buat  emaknya sih inilah momen paling di tunggu-tunggu sambil ketawa cengengesan ngeliat si baby di dalem sana —-OK! Ini sih saya!—-

Dengan semakin berkembangnya teknologi saat ini jenis USG bukan cuma 2 dimensi ataupun 3 dimensi tapi sudah mencapai 4 dimensi loh. Iya beberapa RS sudah menampilkan fasilitas USG 4D dalam pelayanannya — Mungkin mereka tahu ibu-ibu sekarang makin eksis hihihih —  Pada umumnya USG yang digunakan adalah 2D, tapi jangan salah loh meskipun gambar yang tampil hanya berupa gambar datar dan berwarna hitam putih tapi sudah bisa mendeteksi ukuran bayi, jumlah air ketuban, maupun perkembangan bayi di dalamnya hingga 80% (theasianparent.com)

Sewaktu periksa kandungan di UK 30 kemarin saya request ke dokter untuk melakukan USG 4D semata sih untuk mengetahui keunyuan si baby, berhubung waktu itu mepet dengan waktu libur lebaran dan ada batasan umur kandungan jika hendak melakukan USG 4D ( USG 4D sebaiknya di lakukan dari usia 28 – 32 minggu –mommiesdaily.com– ), jadilah saya mengantri sampai pasien dr. Jo habis baru di USG.

foto milik pribadi looh yaaa

Rasanya gimana? Heuuhh..dasar mental emak-emak cengeng yah baru liat sebentar bawaannya udah kepengen nangis. Awalnya si baby malu-malu mukanya di tutupin pake jari tangannya gitu, saya pun mnegelus-elus si baby dan berkata, “ayo dong dek ibu kan pengen lihat wajah kamu.” – –kek cowok lagi ngerayu minta cipok yah 😀 — pelan-pelan si baby nurunin tangannya dan memperlihatkan wajahnya. Disinilah saya baru ngerasain manfaatnya afirmasi positif dan rajin ajak si baby komunikasi seperti yang di ajarin di kelas hypnobirthing kemarin.

Selama dr. Jo mainin alat USG si baby mulai dong ngeliatin narsisnya, doi mesem, manyun,  mainin bibirnya yang seksoy abisssss ..hihihihi…*ini pasti dari emaknya nih 😛 *, belum lagi jumpalitan pose yoga tau-tau kakinya udah di depan mukanya sendiri.

Selain momen lucu-lucu itu ada juga sih momen yang bikin saya gak bisa menahan air mata (drama), tujuan saya ingin melakukan USG 4D ini bukan sekedar gegayaan — trus di posting di sosmed *ehh — belaka, tapi untuk mengetahui gak ada kelainan , sempurna dan kondisi sehat pada si baby. Melihat jari-jarinya lengkap dan wajah yang menggemaskan membuat saya begitu bersyukur pada YME bahwa kami berdua di berikan rejeki yang melimpah.

O iya, buat para bumil yang tinggal di sekitar Cibinong, dari yang saya survey sih RS yang menyediakan fasilitas USG 4D ini baru di RS Sentra Medika Cibinong yah, jadi kalau berminat sila langsung ke sana dan menghubungi dokternya. Harganya pun bisa di bilang murah kok, kemarin saya USG 4D habis 600 ribu saja sudah termasuk print out, album dan CD.

Well..sampai disini dulu yah..crita-critanya..bumil mo bobok ciang duyuuu…

Bye! ^___^